Cara Membuat Tanda Tangan Digital Resmi di PSrE Indonesia

Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang cara membuat tanda tangan digital yang valid dan mudah.

Ketika datang ke pembuatan kontrak kerja di masa pandemi Covid-19, tanda tangan basah tidak lagi diperlukan. Solusinya adalah tanda tangan digital. Karena peraturan work from home dan protokol kesehatan yang harus diindahkan, produk ini menjadi sangat populer untuk memastikan legalitas dokumen kerja. Kepercayaan juga tercipta sebagai alasan penting dibalik penciptaan sistem tanda tangan digital ini.

Kominfo melihat bahwa unggulnya penggunaan tanda tangan digital dapat secara signifikan meningkatkan kepercayaan untuk pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Selain itu, tanda tangan digital sebagai identitas dan simbol otentikasi juga dapat mengurangi risiko kesalahan, penipuan, serta perubahan isi dokumen digital.

Tanda tangan digital ini menjadi sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Dengan tanda tangan digital, proses pembelajaran dan pembimbingan skripsi menjadi jauh lebih mudah. Anda dapat meminta persetujuan dari dosen dengan sangat cepat dan mudah meskipun kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan praktik langsung.

Kominfo menyarankan untuk membuat Tanda Tangan Digital Anda sendiri

Kominfo mendesak pengguna untuk membuat tanda tangan elektronik dengan menggunakan aplikasi yang telah disetujui oleh pemerintah. Prosesnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi salah satu Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Indonesia (PSrE) dan mendaftarkan diri serta verifikasi identitas. Jika proses verifikasi berhasil, Anda dapat melakukan tanda tangan secara digital untuk dokumen manapun.

Memiliki tanda tangan digital membuat bekerja lebih mudah. Aplikasi rekomendasi KOMINFO memudahkan Anda untuk melakukannya. Gunakan perangkat lunak tanda tangan elektronik ini dengan cara sebagai berikut:

  • Ketika Anda sudah siap untuk bergabung di salah satu Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Indonesia (PSrE), buka laman webnya dan daftarkan diri. Anda hanya perlu mengisi beberapa informasi personal seperti nama, email, dan nomor telepon. It’s that simple!
  • Setelah mendaftar akun, Anda akan menerima email verifikasi bersama dengan tautan untuk mengaktifkannya. Pastikan Anda mengklik tautan agar proses pengaktifan selesai sesuai jadwal dan akun Anda dapat digunakan dengan benar.
  • Usai persetujuan, Anda dapat membuka akun yang telah Anda buat dengan menggunakan alamat surel serta kata sandi yang sudah Anda tentukan saat mendaftar.
  • Anda mungkin khawatir bahwa membuat tanda tangan digital adalah proses yang sulit dan memakan waktu. Namun, di aplikasi kami Anda hanya perlu menekan tombol “Buat Tanda Tangan Digital” untuk memulai prosesnya. Setelah itu, dalam hitungan beberapa detik Anda sudah bisa membuat tanda tangan Anda secara mandiri.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunggah gambar tanda tanganmu dalam format PNG, JPG, atau PDF. Tetapi jika kamu tidak memiliki salinan digital dari tanda tanganmu, kamu masih bisa secara manual membuatnya dengan menggunakan fitur pengolah gambar yang tersedia.
  • Setelah Anda menambahkan tanda tangan, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan. Dengan demikian, tanda tangan Anda sudah siap digunakan dalam dokumen daring.
  • Memudahkan proses tandatangan dokumen Anda dengan cepat dan mudah menggunakan tombol “Tandatangan” di aplikasi yang mendukung tanda tangan digital. Cukup gunakan fitur ini dan selesaikan proses tandatangan dalam hitungan detik.

SERTISIGN adalah jawaban bagi Anda yang menginginkan tanda tangan digital bersifat legal, sederhana, dan cocok untuk tujuan bisnis Anda. Coba catat informasi dari artikel ini dan manfaatkan yang terbaik. Terima kasih sudah mengunjungi situs kami. Jika ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk hubungi kami di:

PT. AGARA CIPTA MANDIRI – SERTISIGN
Jakarta Selatan
Telp. 021 804 307 34
WhatsApp +62 811-8954-055
WhatsApp +62 811-9564-055

WA03 +62 811-1012-402